Yuk Ketahui Cara Mengatur Keuangan Dalam Organisasi!

Oleh : Nabila Safitri dan Sabrina Malia R

Halo friends! Dalam sebuah organisasi dimana merupakan wadah untuk sekelompok orang yang berkumpul, penting untuk bisa mengatur keuangan di dalamnya. Manajemen keuangan sendiri dapat dikatakan sebagai aktivitas baik di dalam organisasi maupun perusahaan yang mendapatkan dana dan adanya usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana itu secara efisien. Berbeda dengan mengatur keuangan milik pribadi ada beberapa cara untuk bisa mengatur keuangan organisasi secara efektif.

Perlunya untuk mengatur keuangan dalam organisasi ialah untuk menjaga kesehatan keuangan organisasi, oleh karena itu untuk mewujudkan hal itu ada beberapa cara dan prinsip yang bisa di terapkan untuk mengatur keuangan dalam organisasi yaitu:

  1. Tentukan tujuan dan kegiatan dari organisasi

Dalam organisasi tentunya harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang di maksud ini sendiri adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi dengan kegiatan tertentu yang membutuhkan dana, nah dengan diketahuinya tujuan dari organisasi tersebut lalu bisa dilakukan pengendalian keuangan oleh orang yang ditunjuk untuk mengatur keuangan dalam organisasi itu. Setelah memiliki tujuan yang jelas maka untuk perencanaan dan Analisa keuangan akan menjadi lebih mudah.

  • Membuat anggaran dana setiap bulan

Setelah menentukan tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan oleh organisasi maka langkah selanjutnya adalah membuat anggaran dana setiap bulannya. Anggaran dana dapat berupa penulisan pengeluaran yang akan dilakukan oleh organisasi dan dapat mencakup target dana yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan yang ingin di tuju.

  • Tentukan sumber pemasukan pasti dalam organisasi

Tentunya dalam organisasi harus adanya sumber pemasukan yang di dapatkan untuk menjalankan tujuan dan kegiatan yang akan di selenggarakan. Sumber pemasukan pasti ini dapat berupa pemasukan dari anggota organisasi setiap bulannya dengan dana yang sudah ditentukan dan di kelola oleh bendahara atau orang yang ditunjuk sebagai pengatur keuangan dalam organisasi.

  • Mencatat keuangan organisasi dengan rapi

Penting untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dalam organisasi karena akan memudahkan untuk memeriksa setiap perputaran keuangan dalam organisasi itu, sehingga ada baiknya jika di catat dengan rapi. Mencatat keuangan pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan mencatatnya di note handphone. Catatan keuangan ini juga perlu untuk dibagikan kepada anggota organisasi agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Melakukan pemeriksaan keuangan setiap bulan

Biasanya disebut sebagai auditing atau pemeriksaan keuangan. Pemeriksaan keuangan penting untuk dillakukan dalam keuangan organisasi agar yang keuangan yang ada sesuai dengan kaidah dan tidak adanya penyimpangan. Pemeriksaan keuangan ini dapat dilakukan oleh ketua organisasi.

  • Dapat mengontrol Standar Akuntansi

System menejemen yang digunakan lebih baik digunakan dengan menggunakan prinsip atau standar akuntansi, sehingga dapat memprediksi seberapa banyak yang harus dikeluarkan atau kebutuhan yang dibutuhkan. Prinsip tersebut antara lain :

  • Adanya Planning, merencanakan antara tersedianya uang kas dan rugi labat dalam kegiatan.
  • Menyesuaikan Budgeting, sehingga terdapat perencanaan serta pengalokasian biaya yang baik dan dapat memaksimalkan dana yang dimiliki.
  • Controlling, dengan melakukan evaluasi dalam penyelenggaraan serta perbaikan terkait keuangan dan system dalam pengelolaannya.
  • Adanya Auditing, dengan melakukan audit secara internal terhadap keuangan organisasi sehingga tidak ada penyimpangan dan dapat dilakukan sesuai dengan standar akuntansi yang diterapkan.
  • Yang terkahir adalah Reporting, jika kegiatan sudah dilaksanakan maka baiknya sediakan laporan terkait informasi keuangan dan rasio laporan tersebut.

Nah friends, itu dia beberapa cara yang dilakukan untuk mengatur keuangan di dalam organisasi. Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat bagi teman-teman ya. See you in the next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »