Yuk belajar memanage uang dari sekarang !

Oleh: Sabrina Malia Rohali

Dapat mengelola keuangan dengan sangat baik tentunya tergantung pada individu masing-masing. Namun, apa salahnya jika mulai dari belajar dari sekarang? Tidak ada kata terlambat untuk merubah diri menjadi lebih baik.

Tips 1 : anggarkan kebutuhan setiap bulan

List apa saja kebutuhan kamu dalam sebulan ini, tentukan budget bagi pengeluaran agar dapat membatasi mana yang penting dan tidak terlalu penting.

Tips 2 : Membuat Catatan keuangan

Sisakan satu buku atau membuat catatan di aplikasi note untuk membuat catatan tentang pengeluan dan pemasukan. Antisipasi jika mendapat uang saku tambahan. Cerdaslah membuat anggaran pengeluaran, utamakan apa pengeluaran yang paling penting dan keawajiban.

Tips 3 : Tentukan keuangan dalam sehari

Setelah menuntaskan segala kebutuhan serta membuat budget dalam sebulan, cek berapa pemasukan yang tersisa. Misalnya pemasukan setiap bulan 1.5 juta lalu penegluaran untuk kebutuhan pribadi atau kewajiban lainnya total 500 ribu. Jadi yang tersisa 1 juta,  lalu sesuaikan dengan batasan waktu, 1 juta dalam 30 hari. Bisa dalam sehari 20 ribu atau 30 ribu. Sisanya bisa kamu tabung deh

Tips 4 : Menabung !

Menabung itu sangat penting teman-teman, terlebih jika memiliki kebutuhan mendadak jadi kalian tidak perlu bingung. Dalam menabung bisa menjadi sesuatu hal yang wajib atau hanya jika kamu memiliki sisa uang dari pemasukan. Tapi aku sarankan jadikan menabung itu kewajiban, kamu tidak akan menyesal.

Tips 5 : Mengatur keinginan (Pengendalian diri)

Nah ini hal yang paling sulit. Sering kali pertahanan diri akan kalah dengan ego, terkadang sudah berusaha untuk menahan namun keinginan jauh lebih besar. Dalam mengatur keuangan tentunya dibutuhkan komitemen untuk konsekuen dalam mengelola uang. Meski ada saja godaan yang menggiurkan hal ini yang dapat membuat rusaknya mengelola keuangan. Kendalikan diri kalian teman-teman, karena musuh terbesar adalah nafsu diri kita sendiri.

Kendalikan pikiranmu dengan fokus pada tujuan tabungan dan mengatur keuangan.  Patuhi secara disiplin anggaran belanja agar kita tidak mengikuti nafsu.

Mulai Dari Sekarang, Kapan Lagi?

Mulailah sejak dini mengelola keuangan dengan teratur dan patuhi anggaran belanja yang telah kamu atur. Kalau tidak dari sekarang, kapan lagi?

Jadikan pengelolaan keuangan ini menjadi kebiasaan dalam hidupmu agar menjadi pribadi yang lebih teratur. Dan nikamati hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »