Kiat – Kiat Melanjutkan S2 di Luar Negeri

Penulis: Aliya Nur Aziza (Director of External Relations Term Artemis)

Hallo guys!  Pakabar nih ?? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan berada dalam lindungan-Nya yaa !!

So, berhubung ada beberapa anggota IISAUC yang sekarang lagi mengikuti kegiatan Erasmus+ Awardee ke Italia, tepatnya di University Cagliary nah disini kita akan memberikan tips-tips kalau nantinya temen-temen mau ngelanjutin kuliah S2 diluar negeri nih. So check it out :

  1. Menentukan Tujuan Pendidikan dan Karir

Menentukan Tujuan dari Pendidikan dan karir kalian akan sangat membantu dalam memilih program Pascasarjana yang paling cocok dan memotivasi kalian dalam proses pendaftaran. Tujuan tersebut akan membantu kalian dalam menulis esai pendaftaran yang meminta untuk menjelaskan tujuan karir dan bagaimana hal tersebut sejalan dan berkaitan dengan pendaftaran kalian untuk melanjutkan studi pascasarjana. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikannya kepada orang tua dan orang-orang yang bekerja/berpengalaman dibidang tersebut. Konsultasikan juga kepada tenaga pendidik agar nantinya tidak salah memilih dan pertimbangkan ulang tentang persyaratan sertifikasi untuk program yang anda ambil.

  • Menemukan Program Yang Tepat

Menentukan program adalah salah satu keputusan penting yang akan kalian buat. Berpikirlah dengan hati-hati mengenai apa yang hendak kalian capai dan kemudian coba cari tahu tentang program-program apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan kalian. Cari tahu institusi-institusi yang menawarkan bidang yang kalian inginkan dan speisalisasi yang ingin kalian capai dalam bidang tersebut. Menemukan bidang akademis yang tepat untuk diri kalian, department dan staf pengajarnya dapat menjadi kunci untuk mendapatkan pengalaman pascasarjana yang berhasil nantinya. Pastikan juga kalian melihat masing-masing program, tidak hanya melihat institusinya saja, karena tidak ada satu univeritas pun yang dapat benar-benar unggul diberbagai bidang; terdapat banyak program pascasarjana yang berkualitas pada universitas-univeritas yang kurang terkenal.

  • Mencari Sumber-Sumber Informasi yang Membantu Anda untuk Memilih
  • Pusat Informasi dan Bimbingan.

Pusat Informasi dan bimbingan terdapat hampir disetiap negara diseluruh dunia dan mereka adalah tempat ideal untuk memulai penelitian kalian. Pusat Informasi dan Bimbingan biasanya memiliki direktori perpustakaan, katalog universitas, panduang pengantar, selebaran dan buku referensi untuk membantu kalian dalam pendaftaran program studi ke negara yang akan kalian tuju. Hampir semua pusat informasi selalu menyediakan akses internet dan memiliki alat pencari berbasis komputer yang dapat membantu memilih program yang terbaik untuk kalian.

  • Kontak

Diskusikan rencana kalian dengan dtaf pengajar pada univeritas kalian dan dengan pelajar yang sedang menempuh pendidikannya dinegara yang akan kalian tuju. Kemungkinan besar mereka memiliki saran mengenai universitas yang dapat dijadikan pertimbangan. Kemudian hubungi langsung universitas tersebut untuk menanyakan tentang program mereka atau meminta untuk dihubungkan dengan pelajar Internasional yang saat ini sudah masuk diprogram yang sedang kalian inginkan.

  • Website Perguruan Tinggi dan Email

Hampir setiap universitas diluar negeri selalu memiliki website yang didalamnya tersajikan informasi tentang program gelar, prosedur pendaftaran, departement akademis, prasarana kampus dan hal lainnya. Banyak situs internet yang menyertakan contoh dan katalog universitas dan alamat-alamat email untuk pelajar saat ini yang dapat menjawab pertanyaan kalian.

  • Mesin Pencari Berbasis Internet

Beberapa website yang dikelola secara independen memiliki informasi tentang beberapa perguruan tinggi dan universitas sehingga kalian dapat melakukan pencarian program yang anda inginkan berdasarkan bidang yang anda cari dan beberapa kriteria yang sudah anda tetapkan.

  • Konsultan Pendidikan dan Agen Penerimaan

Dibanyak belahan dunia, agen swasta bekerja untuk merekrut pelajar Internasional untuk dapat diterima di universitas ang mereka inginkan. Ada juga konsultan yang memungut bayaran untuk membantu pelajar dalam proses memilih program dan membantu pendaftaran. Seringkali konsultan pendidikan ini adalah orang-orang yang berdedikasi untuk mempromosikan manfaat fan kelebihan sistem pendidikan dinegara yang kalian inginkan.

  • Pertimbangan Lain

Dalam menentukan studi pascasarjana, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan yaitu diantaranya:

  • Akreditasi dan Pengakuan
  • Magang atau Program Studi Luar Negeri
  • Ukuran
  • Lokasi
  • Layanan Pelajar
  • Pelajar penyandang cacat
  • Peringkat
  • Memutuskan untuk Mendaftar kemana

Setelah kalian mengidentifikasikan daftar program yang menawarkan bidang studi dan spesialisasi kalian, bandingkan program-program tersebut dalam hal biaya dan bantuan keuangan yang tersedia, persyaratan masuk dan persyaratan kelulusan, komposisi badan staf penagajar dan pelajar, pelayanan kampus dan fasilitas yang tersedia. Akan lebih baik jika melanjutkan program pascasarjana dengan memperoleh beasiswa karena biaya yang ditanggung pun tidak begitu berat atau bahkan gratis dari uang beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »