Security Studies: Critical Security Studies

Penulis: Fajarningrum Akhmady (Director of Academic Base Department Term Artemis)

Dalam periode perang dingin, studi keamanan masih didominasi oleh penggunaan kekuatan negara untuk mencapai keamanan dari ancaman militer. Dalam pendekatan keamanan tradisional seperti realisme, negara adalah aktor dan target utama. Hingga seiring berlalunya waktu dan semakin cepatnya dunia bergerak menuju arah modernitas dan globalisasi, pendekatan tradisional dianggap tidak dapat menyediakan jawaban untuk permasalahan dan konflik yang ada. Kritik paling vokal mengenai pendekatan keamanan tradisional adalah ruang lingkup yang dianggap terlalu sempit, hanya melihat isu militer dan negara hingga mengabaikan isu-isu non militer.

Para akademisi mulai melihat bahwa esensi pendekatan kritis sangat menantang terhadap pembatasan tertentu yang ditempatkan dalam studi keamanan tradisional. Keith Krause dan Michael Williams, para akademisi pendekatan keamanan kritis menyatakan bahwa tantangan terbesar dalam pendekatan keamanan kritis adalah pemahaman mengenai maksud ‘keamanan kritis’ karena tidak ada prespektif kritis yang tunggal. Pendekatan ini tampak kritis terhadap pembatasan yang ditempatkan oleh studi keamanan dalam pendekatan tradisionalis.

Pendekatan keamanan kritis juga mengeluarkan upaya untuk memintasi pengekangan seperti posisi istemawa negara yang ditempatkan sebagai objek rujukan utama dan entitas utama dalam studi keamanan sehingga menurunkan semua bentuk keamanan entitas lain dibawah negara. Pendekatan yang dalam proses konferensi yang menghasilkan buku berjudul “Critical Security Studies”. Tetapi tidak semua yang menginginkan pendefinisian ulang mengenai konsep keamanan merupakan bagian dari pendekatan keamanan kritis, sepertipendekatan keamanan manusia yang merupakan prespektif yang memberi ruang objek referensi alternatif dan tidak memiliki landasan intelektual yang sama dengan pendekatan kritis. Tetapi dalam pendekatan keamanan kritis ini tetap melihat aktor selain negara seperti individu ataupun komunitas dalam ancaman “aktual” dari pada ancaman “dugaan” dalam perhatian negara.

Daftar Pustaka

Jakniūnaitė, D. (2013-2014). Critical Security Studies in the 21st Century : Any Directions for Lithuanian Scurity Studies? LITHUANIAN ANNUAL STRATEGIC REVIEW , Volume 12, 33 – 52.

Peter Hough, S. M. (2015). International Security Studies : Theory and Practice. New York: Routledge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »