Tips Menabung Ala Anak Kost

Dunia perkuliahan identik dengan mahasiswa – mahasiswi yang hidupnya merantau alias menjadi anak kost. Anak kos masih mengandalkan biaya kebutuhan harian dari orang tua, tiap bulannnya pasti mendapat sejumlah kiriman uang. Berapapun jumlah uang tersebut, sering kali masalahnya adalah selalu kurang atau tidak pernah cukup. Padahal jika dihitung hitung, uang tersebut kadang digunakan untuk hal hal yang kurang berfaedah. Nah, alangkah baiknya jika anak kost belajar menabung untuk membentuk kebiasaan, uang tabungan tersebut pun bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Berikut tips ayik dan efektif bagi anak kos yang bisa kamu terapkan :

  1. Tentukan tujuan dari menabung

Kegiatan menabung oleh anak kost perlu memiliki tujuan yang jelas. Uang yang akan ditabung, ingin dialokasiskan untuk tujuan yang seperti apa, misalnya menabung dalam empat tahun masa perkuliahan untuk dana menikah,  travelling ketika libur panjang, atau bisa juga untuk membantu orang tua dikegiatan semester akhir nanti. Hal ini tergantung niat awal kamu menabung untuk tujuan yang seperti apa.

  • List kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan

Pada awal bulan buatlah planning anggaran apa saja yang kamu perlukan. Bagilah dana tersebut dalam 3 jenis. Pertama anggaran A, catat anggaran pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makan, minum, ongkos bensin, dan kebutuhan pokok lain diluar kuliah.  Usahakan untuk anggaran A alokasi dana sekitar 50% dari kiriman orang tua. Kedua anggaran B, anggaran B bisa dipergunakan untuk kebutuhan sekunder diluar kebutuhan pokok misalnya hiburan bersama teman untuk menghilangkan penat setelah UTS/UAS itu perlu. Hiburan seperti  nongki di kafe, nonton, dan tempat yang instagramable. Kebutuhan – kebutuhan semacam ini sifatnya tidak setiap hari, alokasikan dana sekitar 20% – 30% dari kiriman orang tua untuk kebutuhan Anggaran B. Usahakan memanage­ anggaran B diperkecil seminimal mungkin, jadi anggaran danamu tersebut dapat masuk kedalam 20% – 30% anggaran C atau dana tabungan. Tambahkan uang tersebut dalam tabunganmu

  • Simpan uang tabungan di tempat yang tepat

Saatnya menentukan dimana tempat paling aman untuk menyimpan Anggaran C. Menabung di bank menjadi solusinya, selain danamu akan aman, kamu juga bisa berinvestasi lewat deposit. Jika perlu, kamu yang sudah berusia lebih dari 17tahun bisa membuat dua buku rekening untuk memisahkan dana tabungan dengan dana untuk kebutuhan pokok. Bagi kamu yang merasa kesulitan menabung di bank disebabkan adanya biaya administrasi yang diambil tiap bulan, sekarang sudah banyak bank yang menyediakan tabungan dengan biaya administrasi Rp. 0,- , seperti rekening Tabunganku, CIMB Niaga Air Asia Savers, Tabungan Bank Mega Berbagi, BII Tabungan Gold Maybank, Danamon Syariah IB, Tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah, Permata Tabungan iB Optima, Tabungan BNI Syariah IB Hasanah, Tabungan BTN e’Batarapos, Tabungan Faedah BRI Syariah iB. Untuk mengetahui lebih jelasnya mudah kok, kamu hanya perlu datang ke bank terdekat untuk bertanya langsung.

  • Menabung dengan prinsip “sambil menyelam minum air”

Sebagai anak perkuliahan yang belum bekerja, ternyata juga bisa menabung dengan hasil akhir yang menguntungkan seperti prinsip “sambil menyelam minum air”. Agaknya hal tersebut seperti hal yang mustahil, bagaimana bisa? Bagi kalian anak kost atau anak mahasiswa yang menabung di bank, beberapa bank banyak menawarkan fasilitas yang menguntungkan kita sebagai nasabahnya. Adanya tabungan berjangka, yakni jenis tabungan yang mana nasabahnya harus menentukan jangka waktu yang diinginkan untuk tetap menabung dibank. Jangka waktu yang dapat diplih dari 6 bulan hingga 20 tahun dan besarnya setoran tergantung dari nominal yang diinginkan dari nasabah disetiap bulannya,  keuntungan yang didapat adalah bahwa kalian tidak perlu repot – repot untuk menyetorkan uang ke bank setiap bulannya, uang tersebut ter-debit otomatis disetiap tanggal yang kalian pilih, mudahnya tabungan berjangka bisa dipergunakan buat kalian yang hanya menginginkan satu buku tabungan. Contoh, dana yang dikirim orang tua Andi sebesar Rp. 1.500.000,-, andi ingin menabung dengan tabungan berjangka selama 1 tahun/12 bulan disetiap tanggal 5. Maka anggaran A dan B yang dibutuhkan Andi sekitar Rp. 1200.000,- , maka dana tabungan berjangka yang dapat disetorkan Andi sekitar Rp. 300.000,- dan ter-debit otomatis seiap tanggal 5, setalah 12 bulan uang tabungan dalam rekening Andi akan berjumlah Rp. 4.600.000,- dan langsung diakumulasikan di tabungan yang dimiliki Andi dan lebih untungnya lagi pihak bank yang Andi pilih untuk menabung menawarkan bunga disetiap bulannya sekitar 1% – 6% disetiap bunganya. Jadi uang yang diterim Andi berjumlah Rp. 4.600.000,- ditambah dengan bunga tambahan tergantung besaran bunga dari bank yang Andi pilih tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips menabung ala anak kost yang bisa kamu coba praktikkan. Semoga berhasil.

One thought on “Tips Menabung Ala Anak Kost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »