Buat “Time Management” Yuk!

Oleh : Vanessa Mae – General Assembly President (Term Argonauts)

Hallo friends! Pada artikel kali ini, IISAUC akan sedikit berbagi cara dan tips untuk membuat time management. Time management merupakan sebuah keahlian untuk mengatur waktu dan jadwal yang perlu dimiliki oleh setiap individu, terutama untuk mahasiswa super sibuk dan produktif seperti teman-teman nih 🙂

Sebenarnya, time management memiliki kaitan erat dengan energy management. Jadi, teman-teman tetap bisa mengelola energi teman-teman dalam memaksimalkan kualitas waktu yang teman-teman miliki. Kita akan bahas juga terkait energy management di artikel IISAUC selanjutnya ya~

Untuk membuat manajemen waktu teman-teman hanya perlu memanfaatkan fitur “event” di kalendar smartphone teman-teman loh! Atau teman-teman juga bisa mengunduh aplikasi terkait schedule planner jika diperlukan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat sebuah manajemen waktu adalah dengan membuat list kegiatan wajib teman-teman yang jadwalnya tidak bisa dirubah. Contohnya, jadwal kuliah. Nah, untuk contohnya di sini, penulis di hari Jumat ada 2 kelas kuliah, yakni Mata Kuliah (MK) Media Global dan Bisnis Internasional.

Masukkan jadwal kuliah teman-teman dan jangan lupa atur waktu dan informasi tambahan yang diperlukan.

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah menambahkan jadwal rutin teman-teman. Contohnya, jadwal makan. Penulis juga menyarankan untuk menambahkan jadwal olahraga untuk kalian yang kesehariannya sibuk sekaliii~ Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap fit meski banyak kegiatan.

Jadwal rutin ini penulis atur untuk setiap hari. Jadwal pengulangannya tergantung dengan kebutuhan dan kondisi teman-teman.

Lalu, langkah ketiga adalah menambahkan semua kegiatan yang teman-teman perlu lakukan pada jam-jam kosong dalam jadwal. Jadwal tersebut bisa kegiatan apa saja yang teman-teman perlu lakukan.

Teman-teman bisa membuat daftar prioritas (priority list) terlebih dahulu untuk membantu teman-teman dalam memetakan kegiatan mana yang perlu didahulukan dan mana yang “nanti saja deh”.

Tentu saja, manajemen waktu ini hanyalah ‘patokan’ kegiatan yang teman-teman lakukan. Dalam perjalanannya, akan ada hal-hal yang dapat merubah jadwal teman-teman, jadi kemampuan untuk sigap dalam reschedule dan multi-tasking juga diperlukan hehe.

Guna menyeimbangkan dengan hobi, penulis menambahkan free time pada beberapa waktu, biasanya seminggu sekali. Dalam waktu ini, penulis biasanya memanfaatkan untuk melakukan hobi seperti menggambar, atau kegiatan-kegiatan lain yang perlu dilakukan untuk meningkatkan bakat non-akademik.

Oh iya, me-review pelajaran yang teman-teman dapat setiap hari pada hari aktif sekolah/kuliah juga sangat diperlukan loh. Hal ini dapat membantu teman-teman untuk menghemat waktu dan energi saat musim ujian. Biar ngga pake sistem belajar kebut semalem 😀 jadi saat musim ujian teman-teman hanya perlu membaca ringan karena sudah paham dengan materinya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua ya! See you~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »